Batik Cikadu Tanjung Lesung



Batik Cikadu Tanjung Lesung - Kalau ngomongin batik tidak akan pernah ada habisnya, mulai dari berbagai motif, daerah penghasil, sampai harga yang tergolong sangat terjangkau oleh setiap kalangan. Sejak di akui sebagai warisan budaya dunia milik Indonesia, batik sekarang ini banyak sekali bermunculan motif-motif baru yang menambah pula daerah-daerah baru penghasil batik tersebut.
Mungkin biasanya yang kalian tahu daerah penghasil batik yaitu Solo, Yogyakarta, Pekalongan, Cirebon atau daerah-daerah lainnya di indonesia. Saat ini ada daerah baru yang menghasilkan batik yang tidak kalah bagus dan unik dengan daerah-daerah yang sudah disebutkan tadi, daerah tersebut terdapat di bagian barat pulau Jawa, yaitu dari Pandeglang lebih tepatnya di Kampung Cikadu, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang Banten.
Batik Cikadu Tanjung Lesung adalah sebuah motif batik baru yang dihasilkan oleh sebuah sanggar yang pertama kali digagas oleh Bapak Toto Rusmaya. Bersama warga masyarakat setempat, akhirnya berhasil menghasilkan motif-motif baru yang indah dan unik pun bisa kita lihat sekarang.
Seperti motif batik lainnya, Motif Batik Cikadu Tanjung Lesung sangat beragam, di sanggar ini memiliki 40 motif yang menggangkat ke khasaan daerah tersebut mencerminkan kehidupan warganya dan di dituangkan lewat motif-motif Batik Cikadu Tanjung Lesung yang sangat indah seperti Badak bercula satu, debus, gunung krakatau, ikan lele, rumah adat, lesung padi, dan masih banyak lagi.
Mesti belum secara spesifik setiap motif batik mempunyai nama, namun batik Cikadu Tanjung Lesung sudah cukup banyak diminati oleh pecinta batik, tidak hanya pecinta di Banten saja tapi juga seluruh Indonesia. Terbukti Motif Batik Cikadu Tanjung Lesung sudah dipakai oleh para desainer-desainer Indonesia untuk menjadikan Motif Batik Cikadu Tanjung Lesung sebagai bahan desain rancangannya untuk pagelaran Fashion Show. Dan tidak hanya itu, di salah satu kontes pageant pria bertaraf dunia yang diadakan di Indonesia pun menggunakan Batik Cikadu Tanjung Lesung untuk salah satu pemotretan profil para kontestannya.
Dengan adanya  Batik Motif Cikadu Tanjung Lesung ini kita patut berbangga, karena ada lagi karya anak bangsa yang ingin ikut melestarikan kebudayaan Indonesia lewat sebuah kain yang memang sudah di akui UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yaitu batik, dan dengan motif batik ini juga menambah lagi keberagaman motif-motif batik yang Indonesia miliki.
Berikut adalah beberapa Motif Batik Cikadu Tanjung Lesung :





Dan berikut Batik Cikadu Tanjung Lesung dalam kontes pageant pria.
Previous
Next Post »